Selasa, 01 Desember 2020

BANK SOAL MATA KULIAH KE PGRI AN

 

BANK SOAL KELOMPOK 3

PRESENTASI KE-PGRI-AN


Murni Anita Sari           (4016013)

Sinta Carolina              (4016022)

Suryani Melasari          (4016031)

1.      Pertanyaan dari : Seny Angliri (kelompok 1)

Siapa saja yang termasuk anak lembaga dan badan khusus ?

Jawab : yang termasuk anak lembaga : YPLP (Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan), contohnya dari jenjang pendidikan TK sampaiPerguruan Tinggi. Badan khusus : LKBH (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum), contohnya Dinas Pendidikan Nasional.

2.      Pertanyaan dari : Nabila Putri Isamer (kelompok 2)

Pada makalah halaman 3, jelaskan tujuan berperan serta aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya ?

Jawab : berperan aktif, pendidik tidak hanya mewujudkan kecerdasan intelektual saja seperti memberikan materi-materi pelajaran seperti biasanya untuk peserta didiknya. Namun juga memberikan wawasan dan pengetahuan pengembangan kecerdasan dalam perilaku/sopan santunnya, agama, kekreativitasan, keinovasinya agar membentuk manusia Indonesia seutuhnya, karena jika hanya kecerdasan intelektual/kognitifnya saja dirasa masih kurang jika dikatakan manusia Indonesia yang seutuhnya.

3.      Pertanyaan dari : Misro Daini (kelompok 4)

Apakah tujuan perlindungan hak atas kekayaan Intelektual, dan beri contohnya !

Jawab : tujuan perlindungan hak atas kekayaan intelektual : (1)memberi penghargaan atas suatu keberhasilan dari usaha menciptakan suatu karya dari intelektual. (2)mempromosikan ciptaan dalam bentuk dokumen HAKI yang terbuka bagi masyarakat. (3)merangsang terciptanya upaya alih informasi melalui kekayaan intelektual serta alih teknologi melalui hak paten

4.      Pertanyaan dari : Putri Mela Sari (kelompok 5)

Apakah yang dimaksud dengan Perlindungan hak atas kekayaan Intelektual (HAKI) ?

Jawab : HAKI merupakan hak esklusif yang diberikan negara kepada seseorang, sekelompok orang maupun lembaga untuk memegang kuasa dalam dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat dari kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan. Misalnya intelektual dalam bidang pengetahuan, seni, bahasa, dll.

 

5.      Pertanyaan dari : Desi Linda (kelompok 4)

Sebut dan jelaskan strategi dasar perjuangan PGRI dalam memasukki Era baru abad XXI !

Jawab : (1)manajemen kurikulum, bahwa pembelajaran yang dilakukan mengacu pada standart kurikulum yang ada. (2)praktik pembelajaran, menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan memperhatikan perbedaan antar individu dan ditunjukan bagi semua siswa. (3)sekolah efektif. (4)dukungan orangtua dan masyarakat.

6.      Pertanyaan dari : Jimmy Tamsil (kelompok 4)

Apakah menurut Anda tujuan program kerja PGRI sudah terlaksana semuanya ? jelaskan satu per satu dan beri contoh !

Jawab : menurut kelompok kami, sudah terlaksana dengan baik meskipun belum dengan sempurna. AD pasal 6, (1)mewujudkan cita-cita prokamasi kemerdekaan NKRI dan mempertahankan, mengamankan, serta mengamalkan Pancasila dan UUD 1945. Contohnya dalam mewujudkan proklamasi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimulai dari pendidikan, didalam pendidikan atau suatu sekolah pasti diberikan rasa aman. Seperti penjagaan saat sedang UN, dan dalam mengamalkan Pancasila ada mata pelajaran PKn, ataupun Pancasila. Serta pembacaan pembukaan UUD 1945 setiap uoacara bendera merupakan contoh dalam menumbuhkan sikap bangsa cinta tanah air.(2)berperan serta aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Contohnya, pendidik mulai sadar akan kebutuhan kecerdasan kognitif yang diiringi dengan kecerdasan lainnya. Guru memberikan uraian tentang poin-poin/pembekalan dalam menghadapi kehidupan bangsa Indonesia kedepan kepada peserta didik. (3)berperan serta mengembangkan sistem dan pelaksanaan Pendidikan Nasional. Contohnya dalam pergantian KTSP ke kurikulum 2013, pendidik lebih memajukan dan mensukseskan sistem dan pelaksanaannya. (4)mempertinggi kesadaran sikap guru, meningkatkan mutu dan kemampuan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Contoh, guru diberi kebebasan dalam melakukan jenjang pendidikannya, guru tidak dibatasi hanya sarjana namun bisa sampai profesor agar kualitas dan kuantitasnya dapat meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan peserta didik. (5)menjaga, memelihara, membela serta meningkatkan harkat dan martabat guru melalui peningkatan kesejahteraan anggota serta kesetiakawanan. Contoh, sesama pendidik saling bersatu, bersama-sama untuk mewujudkan kepentingan bersama dan kompak antar satu sama lain tidak saling menjatuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar