BANK SOAL KELOMPOK 3
PRESENTASI
KE-PGRI-AN
Murni Anita Sari (4016013)
Sinta Carolina (4016022)
Suryani
Melasari (4016031)
1. Pertanyaan
dari : Seny Angliri (kelompok 1)
Siapa saja yang termasuk anak lembaga
dan badan khusus ?
Jawab
: yang termasuk anak lembaga : YPLP (Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan),
contohnya dari jenjang pendidikan TK sampaiPerguruan Tinggi. Badan khusus : LKBH
(Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum), contohnya Dinas Pendidikan Nasional.
2.
Pertanyaan dari : Nabila Putri Isamer (kelompok 2)
Pada makalah halaman 3, jelaskan
tujuan berperan serta aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya ?
Jawab
: berperan aktif, pendidik tidak hanya mewujudkan kecerdasan intelektual saja
seperti memberikan materi-materi pelajaran seperti biasanya untuk peserta
didiknya. Namun juga memberikan wawasan dan pengetahuan pengembangan kecerdasan
dalam perilaku/sopan santunnya, agama, kekreativitasan, keinovasinya agar
membentuk manusia Indonesia seutuhnya, karena jika hanya kecerdasan
intelektual/kognitifnya saja dirasa masih kurang jika dikatakan manusia
Indonesia yang seutuhnya.
3. Pertanyaan
dari : Misro Daini (kelompok 4)
Apakah tujuan perlindungan hak atas
kekayaan Intelektual, dan beri contohnya !
Jawab
: tujuan perlindungan hak atas kekayaan intelektual : (1)memberi penghargaan
atas suatu keberhasilan dari usaha menciptakan suatu karya dari intelektual.
(2)mempromosikan ciptaan dalam bentuk dokumen HAKI yang terbuka bagi
masyarakat. (3)merangsang terciptanya upaya alih informasi melalui kekayaan
intelektual serta alih teknologi melalui hak paten
4. Pertanyaan
dari : Putri Mela Sari (kelompok 5)
Apakah yang dimaksud dengan
Perlindungan hak atas kekayaan Intelektual (HAKI) ?
Jawab
: HAKI merupakan hak esklusif yang diberikan negara kepada seseorang,
sekelompok orang maupun lembaga untuk memegang kuasa dalam dalam menggunakan
dan mendapatkan manfaat dari kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan.
Misalnya intelektual dalam bidang pengetahuan, seni, bahasa, dll.
5.
Pertanyaan dari : Desi Linda (kelompok 4)
Sebut dan jelaskan strategi dasar
perjuangan PGRI dalam memasukki Era baru abad XXI !
Jawab
: (1)manajemen kurikulum, bahwa pembelajaran yang dilakukan mengacu pada
standart kurikulum yang ada. (2)praktik pembelajaran, menciptakan lingkungan
kelas yang mendukung dan memperhatikan perbedaan antar individu dan ditunjukan
bagi semua siswa. (3)sekolah efektif. (4)dukungan orangtua dan masyarakat.
6.
Pertanyaan dari : Jimmy Tamsil (kelompok 4)
Apakah menurut Anda tujuan program
kerja PGRI sudah terlaksana semuanya ? jelaskan satu per satu dan beri contoh !
Jawab
: menurut kelompok kami, sudah terlaksana dengan baik meskipun belum dengan
sempurna. AD pasal 6, (1)mewujudkan cita-cita prokamasi kemerdekaan NKRI dan
mempertahankan, mengamankan, serta mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.
Contohnya dalam mewujudkan proklamasi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang
dimulai dari pendidikan, didalam pendidikan atau suatu sekolah pasti diberikan
rasa aman. Seperti penjagaan saat sedang UN, dan dalam mengamalkan Pancasila
ada mata pelajaran PKn, ataupun Pancasila. Serta pembacaan pembukaan UUD 1945
setiap uoacara bendera merupakan contoh dalam menumbuhkan sikap bangsa cinta
tanah air.(2)berperan serta aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Contohnya, pendidik
mulai sadar akan kebutuhan kecerdasan kognitif yang diiringi dengan kecerdasan
lainnya. Guru memberikan uraian tentang poin-poin/pembekalan dalam menghadapi
kehidupan bangsa Indonesia kedepan kepada peserta didik. (3)berperan serta
mengembangkan sistem dan pelaksanaan Pendidikan Nasional. Contohnya dalam
pergantian KTSP ke kurikulum 2013, pendidik lebih memajukan dan mensukseskan
sistem dan pelaksanaannya. (4)mempertinggi kesadaran sikap guru, meningkatkan
mutu dan kemampuan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Contoh, guru
diberi kebebasan dalam melakukan jenjang pendidikannya, guru tidak dibatasi
hanya sarjana namun bisa sampai profesor agar kualitas dan kuantitasnya dapat
meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan peserta didik. (5)menjaga,
memelihara, membela serta meningkatkan harkat dan martabat guru melalui
peningkatan kesejahteraan anggota serta kesetiakawanan. Contoh, sesama pendidik
saling bersatu, bersama-sama untuk mewujudkan kepentingan bersama dan kompak
antar satu sama lain tidak saling menjatuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar